3 HAL yang perlu diperhatikan untuk menambah kemampuan/Skill dalam TKJ/jurusan lain adalah ketika Prakerin, UKK, dan LKS.

3 HAL yang perlu diperhatikan untuk menambah kemampuan/Skill dalam TKJ/jurusan lain adalah ketika Prakerin, UKK, dan LKS.

Setiap orang tentu ingin mempunyai keahlian khusus sesuai bidang yang disukainya untuk menghadapi tantangan kerja di era global ini seperti adanya MEA, tapi perjuangan untuk melatih Skill ini memang butuh perjuangan yang tidak mudah, butuh pengorbanan waktu, butuh uang juga untuk sekolah, beli buku, beli laptop, dll.  ya begitulah kira-kira kata orang tua, guru, dll. 

Langsung aja kita bahas mulai dari Prakerin, ya di Prakerin ini banyak ilmu praktek yang bisa kita dapatkan, dikelas 1 salah satunya adalah belajar tentang dasar-dasar komputer setidaknya tau apa itu input device, process divice, output device.  cpu,motherboard,ram,harddisk,bagian-bagian motherboard apa fungsinya,dll. network device (lan card,switch,kabel) setidakya tau apa fungsinya dan bentuk barangnya,  itulah salah satu hal yang menjadi bekal sebelum masuk Prakerin, setelah memasuki prakerin perlu memerhatikan pola kerja di tempat prakerin tersebut, bertanya ke karyawan, memerhatikan cara kerjanya, minta bimbingan, dll.

2. UKK
Soal praktek UKK ini berstandar industri artinya soal dibuat berdasarkan apa yang sering ada di dunia kerja jadi sangat perlu perhatian disini  agar kita benar-benar mendapatkan ilmu ketika lulus dari TKJ, kalau perlu buat dokumentasi catatan tentang UKK, seperti catatan apa itu IP,DHCP,Webserver,proxy,dll. Beserta cara konfigurasinya karena ini sangat diperlukan di dunia kerja.

3. LKS bukan buku LKS tapi yang ini Lomba Kompetensi Siswa  
Ini adalah ajang kompetisi antar sekolah dimulai dari tingkat kabupaten/kota dan seterusnya, salah satu tujuan dari lomba ini adalah untuk saling meningkatkan kompetensi, dengan mengikuti LKS ini kita juga bisa mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing di era global, seperti adanya MEA, mental orang-orang Indonesia perlu dibentuk dengan adanya kompetisi seperti ini jadi tidak kalah dengan orang-orang luar negeri.
https://id.wikipedia.org/wiki/Lomba_Kompetensi_Siswa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara memahami dan menghafal model OSI dengan analogi

Pembahasan IT Network Systems Administration Module A DNS (Forward Zone, Reverse Zone, CNAME, MX, Split View)

Table of Contents