Cara memahami dan menghafal model OSI dengan analogi

Model OSI adalah salah satu materi di jaringan komputer yang katanya sangat penting, dengan model OSI ini memiliki  tujuan agar produk-produk jaringan bisa saling terkoneksi meskipun beda system. Di dalam dunia akademi ini juga sering keluar di soal-soal ujian, dan kata para network engineer ini juga penting buat network troubleshooting misal buat ngelacak dmana paket mentok dan gak nyambung, berdasarkan hal itu saya membuat tulisan ini, silakan yang mau baca dibawah ini, maybe useful for you.

Let's take an example in our real life untuk menganalogikan model OSI
Kita analogikan dengan contoh mengirim sebuah surat, pasti pernah ya kirim surat ke sekolah karena ada urusan keluarga atau sakit.

1. Write your letter/surat.
2. Insert into into an envelope/amplop.
3. Write information about sender and reveiver on that envelope.
4. Stamp amplopnya/dilem.
5. Go to ke rumah teman dan titip.

Ya seperti diataslah cara kerja model OSI yaitu saling berhubungan disetiap langkah-langkah menulis surat sampai memastikan bahwa surat tersebut sampai ke guru sekolah. Begitu juga dengan komputer ketika zaman sudah canggih dengan mengirim e-mail. layer-layer di model OSI berperan dalam proses-proses diatas. setiap layer memiliki tugas, setelah tugasnya selesai dilanjutkan ke layer berikutnya.

Oke langsung saja kebagian gmana caranya menghafal 7 layer OSI yaitu dengan kalimat dibawah ini :

Anak Pak Soleh Tidak Nakal Dan Pintar 

kalau mau yang ingris-inggrisan Please Do Not Throw Sausage Pizza Away
lebih mudah kan kalau pakai kalimat-kalimat sehari-hari diatas, yg perlu diingat adalah huruf awal dari setiap kata.

misal ambil contoh proses browsing, nah email saja, ketika kita click send diaplikasi mail, mulai lah layer-layer OSI ini bekerja mulai dari layer aplikasi yang kita gunakan misal (webmail gmail, outlook, thunderbird) sampai ke lan card /wireless terus masuk ke kabel-kabel, dst sampai kepenerima.


A
Application -> Bertugas sebagai antar muka aplikasi (disinilah misal aplikasi outlook kita menulis surat) dan menghubungkannya dengan protokol (karena kita nulis email berarti dihubungkan ke smtp)

P
Presentation ->  Bertugas untuk mentranslasikan data yang hendak dikirim oleh aplikasi ke dalam format data (data email tadi) yang bisa ditransmisi melalui jaringan.

S
Session -> Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat (set up), dipelihara (monitor), atau dihancurkan (terminate the connection). Nah disini data email lagi disiap-siap untuk dikirim

T
Transport -> Bertugas untuk mengirimkan dan mengawasi sampai diterima ketujuan (ibaratnya kantor pos).

N
Network   -> Di layer ini bertugas untuk memikirkan jalur kemana paket (berisi data email/surat yang mau dikirim kemana dengan melihat source dan destination). 

D
Data Link -> Bagian karakteristik dari perangkat jaringan juga seperti MAC Address dan LLC  (gampangnya ini adalah alamat unik dari setiap perangkat network kita)
 -> Di layer ini bertugas untuk mengatur dan mengkoreksi frame-frame (ini data-data gaib/data digital unit lebih tepatnya)

P
Physical -> Bagian karakteristik dari perangkat jaringan yg bisa kita lihat seperti ethernet/lan card
         -> Di layer ini bertugas untuk mengatur dan mentransmisikan bits (misal tulisan surat diemail kini diubah kedalam bit-bit data yang 0 dan 1 itu ).


Nah sesampainya di tujuan dibalik prosesnya mulai dari physical sampai ke aplikasi kebaca seperti dibawah ini.


Tugas dari masing-masih layer OSI memang banyak, oleh karena itu kalau mau buat ujian saranku pahami dan hafalin ringkasan dibawah ini saja dan jika ada tambahkan dengan pengalaman networking anda.




Oke cukup sekian
Semoga bisa dipahami


Sumber gambar : http://www.9tut.com/ dan https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:OSI_Model_v1.svg
http://www.c-sharpcorner.com/UploadFile/898089/concept-of-open-systems-interconnection-osi-model-in-netwo/




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembahasan IT Network Systems Administration Module A DNS (Forward Zone, Reverse Zone, CNAME, MX, Split View)

Table of Contents