SKILL ITNSA

     Ada yang tidak kalah penting daripada sekedar mengikuti tutorial pembahasan, mengikuti tutorial pembahasan itu bagus namun jika hanya mengikuti satu tutorial pembahasan jika mendapatkan test project yang beda padahal konteks nya masih sama/beda dapat membuat bingung. Oleh karena itu perlu skill dalam membaca berbagai tutorial di internet mulai dari blog sampai dokumentasi resmi dan menerapkannya.

   Berikut adalah link-link website sebagai referensi untuk menjawab test project, tidak semua script/konfigurasi yang ada di website tersebut menjawab test project secara spesifik namun dari beberapa referensi tersebut perlu diambil bagian-bagian script/konfigurasi yang diperlukan, pemahaman setiap script/konfigurasi tidak didapatkan dalam sekilas perlu waktu untuk membentuk pengalaman. Dengan pengalaman ini, seiring berjalan nya waktu maka bisa memahami setiap baris script/konfigurasi. Inilah pentingnya pengalaman, ketika pertama kali diberi task maka akan terasa sulit tetapi jika konsisten, tetap mempertahankan task nya, dengan kombinasi santai dan serius, seiringan berjalannya waktu akan solved. 

   Perlu dikaitkan dengan berbagai referensi dari blog yang membahas masalah network dan system sampai dokumentasi resmi dari software yang dikonfigurasi.
Selain kemampuan logic,config, ada kemampuan yang penting untuk dikuasai yaitu:
Membaca dan memahami dokumentasi baik secara offline melalui manual page yang terdapat dalam perintah man misalnya man nfs, man iptables, dll. File dokumentasi di /usr/share/ atau /usr/share/doc dan dokumentasi online baik berbahasa indonesia maupun bahasa inggris, baik blog, website sysadmin, website cloud hosting, website distro linux, website QA sysadmin, forums, maupun dokumentasi resmi semuanya bagus untuk dibaca untuk menambah wawasan.

Untuk menjadi juara dalam sebuah kompetisi membutuhkan selain hard skills adalah soft skills.
Soft skills seperti stress management, time management, problem solving, planning & organizing, dll.

Untuk mengusai skills tersebut dibutuhkan latihan terus menerus, latihan terus menerus bukanlah suatu beban, karena setiap hari setiap orang mempunyai waktu dan kegiatan, tinggal bagaimana menggunakan waktu dan kegiatan tersebut menajadi hal-hal yang bermanfaat.

Juara bukan sebatas dalam suatu event kompetisi, juara dalam diri sendiri itu lebih penting, untuk kedepan lebih bermanfaat di dunia kerja dan lingkungan sekitar.



https://www.samba.org/samba/docs/

Link-link diatas adalah sebagai contoh saja

dan lain-lain bisa dicari dengan googling software_name documentation

Begitu juga untuk Windows, Cisco dan software-software lainnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara memahami dan menghafal model OSI dengan analogi

Pembahasan IT Network Systems Administration Module A DNS (Forward Zone, Reverse Zone, CNAME, MX, Split View)

Table of Contents