Tips mengerjakan work task/test project

Ketika mendapatkan sebuah work task sampai test project baru baik dalam sebuah kompetisi maupun pekerjaan yang sesungguhnya, berikut langkah-langkah dan tips-tips untuk menyelesaikan task tersebut:

1. Menyukai task nya

Jika tidak suka maka akan malas untuk mengerjakan, bersaing di era global butuh skill jadi mau tidak mau, jika ingin mendapatkan pekerjaan yang disukai perlu untuk menyukai dan meningkatkan skill tersebut tetapi yang terpenting adalah life balance menyeimbangkan kepentingan dunia dan akhirat.

2. Memahami konsep nya

Dengan memahami konsep maka akan mempermudah untuk masuk ke langkah selanjutnya yaitu melakukan konfigurasi. Misalnya dalam pemrograman memahami konsep algoritma dan struktur data yang meliputi konsep variabel, konsep array, sequence, selection, repetiton, perhitungan aritmatika kemudian konsep prosedural, OOP, MVC, dan masih banyak konsep lainnya. Misalnya lagi dalam konsep network ada IP, Routing table, IPv4, IPv6, Subnetting & VLSM, Static router, Dynamic route, firewall, NAT (Static,Dynamic), DHCP Reservation, DHCP Relay, dll. Tentu untuk menghasilkan sebuah karya perlu mengkombinasikan beberapa konsep yang didapatkan dari terus berlatih atau memang sudah menjadi pekerjaan yang disukainya. 

3. Melakukan coding/konfigurasi

Mencari cara konfigurasi untuk setiap task.

Untuk menunjang langkah-langkah diatas perlu mengerjakan beberapa tips

1. Memperbanyak membaca

Banyak konsep-konsep didalam IT yang terus berkembang, jika tidak suka membaca maka akan ketinggalan dengan konsep-konsep baru. Tidak hanya konsep untuk bisa melakukan coding dan konfigurasi juga perlu membaca coding dan konfigurasi orang lain ibaratnya sama seperti belajar bahasa, mulai dari mendengarkan dan membaca kemudian bisa menulis bahasa tersebut, sama dengan belajar bahasa pemrograman untuk bisa coding perlu seperti itu.

2. Berdiskusi

Diskusi dengan orang-orang yang sudah memiliki pengalaman dalam mengerjakan task tersebut, dengan ini apa yang sudah dipelajari sendiri dengan membaca, menyamakan konsep apakah sesuai. Berdiskusi bisa private, training, meet up, seminar, forum, dev dojo, dll.

3. Terus mencoba

Untuk berhasil butuh beberapa kali percobaan, seperti bermain game, saat pertama kali susah untuk menang, butuh beberapa pertandingan untuk memahami skill masing-masing hero, build item, memahami lawan sampai teamwork saling memahami tim and support.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara memahami dan menghafal model OSI dengan analogi

Pembahasan IT Network Systems Administration Module A DNS (Forward Zone, Reverse Zone, CNAME, MX, Split View)

Table of Contents