ITNSA Mindset

Tahap persiapan, materi ITNSA tidak sedikit butuh waktu berbulan-bulan untuk menguasainya,  syukuri fasilitas yang dimiliki dan gunakan dengan baik, perbanyak membaca dan mencoba tutorial-tutorial yang ada di Internet. Hal-hal yang perlu di garis bawahi mengenai misalnya konsep DNS reverse, forward, split view/multiple view, dynamic DNS, zone transfer, LDAP directory, LDAP scheme, CA, certificate, OSPF area, authentication, md5, AD, import users, OU, GPO Object, GPO group, GPO security, dan masih banyak lainnya. Buat juga daftar kemampuan misalnya untuk di DNS ada forward zone, reverse zone masuk kategori mudah, kemudian zone transfer, DDNS, master and slave masuk kategori medium. Misalnya juga VPN, VPN connection, ip range, route , authentication via local user/freeradius, openldap, encryption with OpenSSL. Kemudian konfigurasi, integrasi antar services, dan adaptasi dengan bahasa instruksi dari test project, perubahan hostname, IP, nama domain, lokasi, nama folder, dan attribut lainnya yang berubah-ubah, sering berlatih dengan kondisi attribute yang bervariasi dari berbagai soal.

Tahap pelaksanaan, maksimalkan materi ITNSA yang sudah dikuasai, jika terdapat materi yang belum pernah dipelajari tinggalkan dulu fokus pada materi yang bisa untuk mendapatkan point sebanyak-banyaknya.

Intinya sederhana "sesulit apapun test project nya, butuh waktu dan ketekunan (time & persistent) to trial dan tidak takut ketika error". Memang tidak mudah untuk tetap menjaga mindset tetap positif tapi tetap perlu disampaikan bahwa tidak perlu berpikir susah atau gampang test project nya tetap kerjakan apa saja yang sudah dipersiapkan dengan baik, kerjakan dengan maksimal, jadi kesimpulan nya masalah waktu dan ketekunan, bagi yang ingin sukses butuh waktu tidak sehari, seminggu, sebulan tapi bertahun-tahun.  Namun tetap syukuri waktu usaha yang sudah dilakukan meskipun masih sedikit, optimalkan apa yang ada, tidak ada waktu terlambat investasikan waktu belajar untuk mencapai skill yang disukai untuk masa depan. Tidak terbatas pada kompetisi namun untuk kolaborasi dalam pekerjaan yang di inginkan untuk meningkatkan karir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara memahami dan menghafal model OSI dengan analogi

Pembahasan IT Network Systems Administration Module A DNS (Forward Zone, Reverse Zone, CNAME, MX, Split View)

Table of Contents