ITNSA Tips System & Network Troubleshooting

Selain teknik troubleshooting per layer OSI/TCP-IP seperti di postingan ini https://nciptandani.blogspot.com/2019/10/it-nsa-tips.html
baca juga

Teknik 5W + 1H juga bisa menjadi dasar dalam troubleshooting

yang pertama What, perlu tahu problem pada services apa, apa di DNS, HTTP, VPN, ROUTING, IP dll.

yang kedua Who, who ini user apa yang terkena impact dari problem, user di dalam network dan system bisa disimpan dicek local system, Active Directory, dll. Apakah terdisable, salah password, tidak punya role/permission,dll.

yang ketiga Where, perlu dicari dimana user dan services berada di server mana. Server-server mana saja yang terkoneksi baik secara network maupun services yang saling bergantung misal mail/vpn/webserver authentication yang terkoneksi ke LDAP server. Cek juga di network device apakah ada masasalah routing, authentication, encryption, dll. Kemudian jika sudah ketemu masuk ke detailnya.

yang keempat When, perlu mengetahui kapan problem terjadi, ini bisa dilihat di log system/log server yang biasanya menyediakan informasi kapan problem terjadi,  dengan ini bisa mengetahui pada waktu itu terjadi event apa, misal dalam production server bisa terjadi load yang tinggi karena banyak yang mengakses. Bisa juga cek file configuration properties apakah ada terjadi perubahan config pada waktu kapan.

yang kelima Why, di why ini mulai memikirkan mengapa problem terjadi,  dari hasil what, who, where, dan when yang terinvestigasi sebelumnya kemudian melakukan langkah-langkah investigasi kembali step by step.

yang keenam How, mulai memikirkan bagaimana solusi dari problem, melakukan perbaikan, dan menulis dokumentasi solusi apa yang sudah dilakukan. Didalam dunia kerja ini sering dibutuhkan seperti penulisan dokumen RCA (Root Causes Analysis).

Tulisan diatas hanyalah teori yang mungkin bisa menjadi dasar dalam berpikir namun yang lebih penting adalah terus berlatih, membiasakan dalam bekerja, maka teori dan konsep yang dipelajari akan otomatis/terbiasa saat bertemu dengan masalah network dan system yang dihadapi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara memahami dan menghafal model OSI dengan analogi

Pembahasan IT Network Systems Administration Module A DNS (Forward Zone, Reverse Zone, CNAME, MX, Split View)

Table of Contents